Sejarah Merlin

Berikut ini dua essay terbaik kelas dua tahun ajaran 1973-1974 oleh Mia A. Van Dawson dan Shezna Greyhaunt

Nama : Mia A. Van Dawson
Asrama : Gryffindor
Tahun/Kelas : Pertama/Sejarah Sihir

Merlin dan Sejarahnya

Merlin adalah seorang tukang sihir dalam legenda Arthur. Ia pertama muncul secara tertulis dalam Historia Regum Britanniae karya Geoffrey of Monmouth dan didasarkan pada gabungan beberapa tokoh sejarah dan legenda. Geoffrey menggabungkan cerita-cerita mengenai Myrddin Wyllt (Merlinus Caledonensis) yang tidak ada hubungannya dengan Raja Arthur dengan cerita-cerita Ambrosius Aurelianus untuk membentuk tokoh yang dinamainya Merlin Ambrosius.

I. Merlin dengan seribu wajahnya

Merlin merupakan salah satu dari figure yang paling mempesona dalam literature Walesi dan Legenda Arthur. Merlin adalah seorang laki-laki misteri dan sihir; pertentangan dan kontroversi mengepung hidup nya. Merlin mengenakan banyak topi : ia adalah suatu ahli sihir/ jagoan atau tukang sihir, seorang nabi, suatu penyair, suatu penasehat dan suatu guru privat. Ia nampak sebagai anak laki-laki muda dengan tidak mempunyai bapak. Ia nampak sebagai suatu orang tua bijaksana , dengan memberi kebijaksanaan nya kepada empat Para raja Britania secara turun temurun.

Menurut sejarawan Wales, Nennius, Merlin nampak sebagai anak laki-laki muda, hanyalah di bawah nama Emrys atau sebagai Ambrosius dalam Latin, dengan Raja Britania, Vortigern.

Dalam karyanya, sejarah dengan judul merekatkan kembali Britanniae (” Sejarah Para raja Inggris”, c. 1137), Geoffrey Monmouth menulis bahwa Merlin adalah seorang putra suatu biarawati dan cucu lelaki Raja Demetia di selatan Wales. Seperti bapak nya, ia adalah baik suatu setan maupun suatu mimpi buruk. Merlin adalah suatu paradox, ia adalah putra setan, namun ia adalah pelayan Tuhan.

Merlin telah dikenali kepada penyair Wales khayal nama Myrddin almarhum 6th abad, di (dalam) puisi Wales yang di sebut Afallenau dan beberapa lain syair/puisi, yang dipelihara naskah yang di kenal sebagai Buku Hitam Carmarthen , c. 1250.

II. Putra setan?

Secara tradisi ia dilahirkan dari ayah incubus dan ibu manusia, dan mendapat kekuatan sihirnya dari perpaduan yang ajaib ini. Incubus adalah setan yang menghamili ibu Merlin di malam saat ibu Merlin ini tidur tanpa berdoa terlebih dahuhlu. Hingga wanita ini hamil dan tidak bias menjelaskan asal muasal kehamilannya. Merlin menjadi penasehat raja Arthur sampai ia disihir dan ditawan oleh Lady of the Lake. Legenda lain mengatakan bahwa ia jatuh cinta padanya dan hidup bersamanya dengan bahagia.

III. Merlin dan Arthur

Ketika luther meninggal, Merlin memberitahu Baron logres bahwa hanya orang yang bisa mencabut pedang dari batu tersebut yang akan menjadi raja yang sah. Merlin sangat bertanggung jawab atas penyerahan mahkota pada Arthur. Beberapa raja merasa tidak percaya jika hanya Arthur yang bisa mengambil pedang tersebut dari batu. Merlin ikut terlibat untuk membantu Arthur, memeberikan srategi pada Arthur, agar Arthur bisa memenangkan perseterruan dan perperangan melawan para baron yang memberontak.

Ketika Arthur mematahkan pedang yang dimenangkannya dari perperangan dengan King Pellinor (Pellehen), Merlin membawa Arthur ke danau dimana ia menerima pedang baru dari ‘The Lady of Lake’ yaitu pedang Excallibur yang asli. Merlin mengatakan pada raja muda, bahwa sarung pedang lebih baik dari pedang, karena akan melindunginya dari luka dan pendarahan saat membawa pedang ini. Kemudian nantinya Morgan le Fay akan mencuri sarung pedang tersebut.

Merlin tidak hanya menjadi penasehat ke Arthur. Di Didot Perceval, ia membantu Perceval dalam beberapa petualangan. Dalam ‘Deretan Du Merlin’, Merlin tidak berhasil mencoba untuk memandu Tuan Balin.

Merlin meramalkan kebesaran Lancelot Dan Tristan, meskipun Merlin meninggal tidak lama sesudah Lancelot telah dilahirkan

IV. Nasib Merlin

Ada beberapa versi Kematian Merlin’s atau hilangnya yang secarra misterius dari legenda . Merlin telah dilibatkan dalam Konsepsi Arthur’s, tetapi tidak nampak lagi di dalam Pemerintahan Arthur’s.

Dalam cerita selanjutnya, Merlin masih hidup ketika Arthur menjadi raja. Di (dalam) Didot Perceval, ia hidup lebih lama dari Arthur dan ksatria Meja Bundar, di (dalam) pertempuran yang akhir melawan terhadap Mordred. [Itu] adalah ia yang memandu Perceval di [dalam] langkah akhir mencari Grail Yang suci [itu]. Merlin menceritakan [kepada] Perceval yang ia tidak akan mati sampai akhir dunia.

Dalam beberapa cerita, seorang gadis yang telah menjerat Merlin di (dalam) suatu keterpikatan. yang paling terkenal Adalah ‘The Lady of Lake’. Lagi, ada sedikit versi [yang] menyertakan kematian nya di tangan ‘The Lady of Lake’.

The Lady of Lake adalah suatu ahli sihir wanita kuat dan nyonya Otherworldly dunia, yang tersembunyi oleh illusionary danau. Tha Lady of Lake telah dikenal oleh beberapa lain nama, seperti Niniane, Viviane Dan Nimue. Kebingungan lebih lanjut muncul ketika pengarang beberapa mendaftar beberapa wanita-wanita dengan sebutan/judul The Lady of The Lake.

Variasi nama tergantung pada pengarang itu sendiri, tetapi apapun namanya, yang paling utama adalah ibu angkat Lancelot Dan Ahli sihir wanita yang telah menjerat Merlin di (dalam) suatu keterpikatan. Dia nampak baik Niniane Maupun Viviane di (dalam) Terjemahan Injil dalam bahasalatin Atau Post-Vulgate beredar; [selagi/sedang] Morte D’Arthur, Malory [memanggil/hubungi] Nimue nya.

Di (dalam) Terjemahan Injil dalam bahasalatin Merlin, Niniane Atau Viviane, The Lady of Lake menjumpai Merlin untuk pertama kali, saat dia hanya berumur duabelas tahun. Dia telah dibuat kagum oleh kekuatan Merlin. Dia berjanji untuk mencintai dia jika Merlin akan mengajar nya semua seni nya. Bertahun-Tahun kemudian, Merlin jumpa Niniane lagi. Melalui/Sampai dalih, Niniane menggoda dan menggunakan sihir nya untuk mengurungnya di dalam menara, dimana Merlin tidak bisa mempunyai kekuatan untuk keluar. Dan The Lady of lake bisa sesuka hati untuk mengunjunginya.

Dia menggunakan Cinta Merlin’s, sedemikian sehingga ia akan mengajar sihir nya nya. Sebagai balasan, untuk/karena pelajaran di (dalam) sihir, Niniane menawarkan untuk kembali[kan cinta nya, tak lain hanya suatu dalih untuk memperoleh [kuasa/ tenaga] untuk menjerat ahli sihir/ jagoan [itu]. Merlin juga telah membangun rumah nya di Danau Diana, di dalam hutan Broceliande, [yang] mungkin di (dalam) Brittany. Dengan [kuasa/ tenaga] nya, ia sembunyi[kan] daerah nya kasat mata, sedemikian sehingga seseorang [siapa] yang bepergian dengan, akan hanya lihat danau [itu] sebagai ganti rumah nya.

Di hutan Broceliande yang menyedihkan ( beberapa [memanggil/hubungi] ia/nya Darnantes), Niniane menggunakan Sihir Kepunyaan Merlin’s melawan terhadap tukang sihir; dia memakamkan Merlin di dalam batu karang.

Merlin
Shezna Greyhaunt
Slytherin

I. Latar Belakang
Demi Merlin! Atau Jenggot Merlin!. Sudah umum bagi para penyihir menggunakan nama itu ketika mereka dihadapkan pada sesuatu yang membuat mereka terperangah, terpana, tidak percaya, atau sesuatu yang membuat mereka takjub luar biasa. Frase itu menunjukkan betapa Merlin sangat terkenal dan begitu akrab di telinga penyihir kebanyakan, meski informasi utama tentang bagaimana rupa dan seperti apa sebenarnya penyihir terkenal ini hanya mereka dapatkan dari kartu Coklat Kodok. Lalu siapa sebenarnya Merlin?

II. Merlin yang Kita Kenal
Merlin, sebagaimana yang kita tahu, adalah penyihir terkenal (tentu saja, penyihir kecil berumur 2 tahun pun tahu cara menyebutkan Merlin) sepanjang masa. Merlin adalah spesialis mantra yang dikenal sebagai ‘The Prince of Enchanters’, dan merupakan salah satu penasihat King Arthur (yang mana dahulu adalah seorang pemimpin kerajaan yang sekarang menjadi bagian dari Ingrgris. Merlin percaya bahwa kaum penyihir harus bahu-membahu dengan para muggle dan mendirikan Order of Merlin di mana badan atau organisasi penyihir ini dimaksudkan untuk mendukung hukum sihir yang melindungi dan bermanfaat bagi muggle.

III. Merlin dalam Sejarah Muggle
Muggle memiliki versi mereka sendiri tentang Merlin. Muggle pun menganggap Merlin sebagai seorang penyihir (dan ia memang penyihir) dalam legenda Raja Arthur sebagaimana yang telah disebutkan di atas. Dalam sejarah yang diketahui secara terbatas dan parsial oleh para muggle, Muggle Geoffrey Monmouth (”Sejarah Para raja Inggris“, c. 1137) menulis bahwa Merlin adalah seorang putra suatu biarawati dan cucu lelaki Raja Demetia di selatan Wales. Lain lagi yang dikatakan oleh Muggle sejarawan Wales, Nennius. Baginya, Merlin nampak sebagai anak laki-laki muda, hanyalah di bawah nama Emrys atau sebagai Ambrosius dalam Latin, dengan Raja Britania, Vortigern.

IV. Merlin dan Excalibur
Merlin dalam dunia muggle tidak bisa dipisahkan dari legenda Raja Arthur, dan Legenda Raja Arthur tidak bisa dipisahkan dari pedang Excalibur. Merlin memberitahu Baron Logres bahwa hanya orang yang bisa mencabut pedang dari sebuah batu di mana pedag Excalibur dari tertancap yang akan menjadi raja yang sah. Kita tahu bahwa Arthur akhirnya berhasil mencabut pedang tersebut meskipun di kemudiah hari Arthur akan mendapatkan pedang yang asli dari tangan ‘Lady of Lake’ saat pedang yang dimenangkannya dari perperangan dengan King Pellinor (Pellehen) patah.

Merlin berperan dan bertanggung jawab atas penyerahan mahkota pada Arthur. Merlin ikut terlibat untuk membantu Arthur, memeberikan srategi pada Arthur, agar Arthur bisa memenangkan perseterruan dan perperangan melawan para baron yang memberontak. Tidak hanya itu, Merlin memberikan banyak saran bagi Arthur terutama soal sarung pedang lebih baik dari pedang, karena akan melindunginya dari luka dan pendarahan saat membawa pedang ini. Kelak, Morgan le Fay mencuri sarung pedang tersebut.

V. Penutup
Merlin terkenal tidak hanya di dunia Sihir. Merlin mungkin satu-satunya penyihir yang tidak ikut diburu dan dibakar pada masa-masa pertikaian antara dunia sihir dengan dunia muggle. Merlin memiliki akar sejarah yang kuat baik di dunia penyihir dan di dunia muggle, dan karenanya penghormatan sudah sepantasnya diberikan bagi Merlin—dengan tidak sekedar menjadikannya ‘another face on the frog chocolate collection card’. Baik penyihir muda maupun muggle harus memiliki pengetahuan memadai tentangnya.

((OOT: Dua essay diatas adalah kriteria essay yang akan mendapat nilai ‘O’. Sayangnya, essay milik Greyhaunt dikumpulkannya telat dan saya belum sempat buka akun Binns. jadi Gryhaunt, I’m so Sorry :)))

About these ads
Published in: on Maret 27, 2008 at 11:57 am  Comments (2)  

The URI to TrackBack this entry is: http://perkamenpenabulu.wordpress.com/2008/03/27/sejarah-merlin-mia-a-van-dawson-shezna-greyhaunt/trackback/

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini.

2 KomentarTinggalkan komentar

  1. astaga…… terimakasih untuk esai kalian, sangat membantu daku^^

  2. Muakakakaka! Ma kasih banget udah kasih contoh… Sumpah, gue terbantu….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: